Bagi pelajar yang masih menempuh pendidikan formal di sekolah, absensi adalah sebuah hal yang penting. Karena itu, setiap kali hendak tidak masuk atau tidak menghadiri kelas, harus melampirkan surat ijin kepada guru pengajar.

Karena termasuk dalam jenis surat resmi, maka pembuatan surat ijin tidak masuk sekolah juga ada aturannya sendiri. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang surat ijin tidak masuk sekolah serta beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah yang benar. 

Surat izin sekolah sendiri adalah hak untuk izin yang tertulis dalam sebuah surat, dimana surat tertulis ini digunakan sebagai syarat untuk permohonan ataupun keterangan tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Biasanya surat izin tidak masuk sekolah ini dibuat karena siswa yang bersangkutan tidak dapat masuk sekolah, baik karena sakit atau karena ada alasan lain. Dengan adanya surat izin ini, catatan absensi siswa tidak akan tercatat buruk nantinya. 

Struktur dan Contoh Surat Izin Sekolah 

Karena merupakan Surat izin untuk tidak masuk sekolah, maka surat ini harus dibuat atau ditandatangani oleh orang tua maupun wali yang bertanggung jawab atas siswa yang izin tersebut. Jika tidak ditandatangani oleh wali atau orang tua siswa, maka surat izin tersebut dianggap tidak valid, dan izin pun bisa saja tidak diberikan. Hal tersebut tentu dapat berpengaruh pada catatan absensi siswa tersebut. 

Sebelum Anda belajar membuat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit ataupun karena alasan lain, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan surat izin ini. Surat izin tidak masuk sekolah ini adalah surat yang digunakan untuk kebutuhan akademik.

Karena itu, ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya agar surat tersebut dianggap sah dan bisa digunakan sebagai bentuk izin tidak mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

Dalam sebuah surat izin tidak masuk sekolah, setidaknya ada 3 poin utama yang disampaikan oleh penulis surat. Nah, apa saja poin penting yang harus diperhatikan dalam menulis surat izin tidak masuk sekolah? Berikut adalah penjelasannya.

Pengirim Surat Izin 

Poin penting pertama yang harus ditulis dalam surat izin tidak masuk sekolah adalah pengirim surat. Bagian ini berisi identitas dari pengirim surat izin tersebut. Dalam hal ini yang ditulis pada bagian ini adalah informasi tentang siapa yang membuat atau menuliskan surat tersebut.

BACA JUGA:  Teks Prosedur Dalam Bahasa Indonesia

Umumnya, pada berbagai contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit atau karena alasan lain, yang membuat dan mengirimkan surat izin tersebut adalah orang tua siswa yang bersangkutan. Namun ada beberapa kondisi dimana yang menuliskan dan mengirimkan surat tersebut adalah wali dari siswa bahkan siswa yang sedang izin tersebut sendiri.

Alasan Pembuatan Surat 

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam penulisan surat izin tidak masuk sekolah adalah alasan kenapa surat izin tersebut dibuat. Di bagian ini dijelaskan secara singkat alasan siswa yang namanya tertulis dalam surat tersebut harus izin untuk tidak mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.

Alasan yang umumnya dikemukakan dalam surat izin biasanya adalah karena sakit atau karena ada urusan lain yang mendesak dan tidak bisa ditinggalkan sehingga harus izin sekolah. Meskipun bagian ini harus dituliskan secara jelas namun harus tetap ditulis dengan singkat dan padat. 

Umumnya, pada beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, jika alasan tidak masuk sekolah adalah karena sakit, maka akan dilampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau klinik atau instansi kesehatan lain yang berisi identitas siswa serta jumlah hari untuk izin. Dengan begitu surat izin tersebut akan lebih valid.

Tujuan / Penerima Surat Izin 

Poin terakhir yang harus diperhatikan dalam penulisan surat izin tidak masuk sekolah adalah tujuan atau penerima surat izin tersebut. Pada bagian ini harus memperjelas kepada siapa surat tersebut ditujukan.

Misalnya ditujukan secara spesifik kepada pengajar di kelas, wali kelas atau jika secara umum, bisa ditujukan kepada pihak sekolah. Umumnya, dalam contoh surat izin sekolah, bagian penerima atau tujuan langsung ditulis spesifik kepada pengajar atau wali kelas siswa yang bersangkutan.


Surat izin sekolah ini termasuk dalam kategori surat resmi, meskipun tidak ada kop surat di bagian atasnya. Karena itu, dalam pembuatannya harus mematuhi kaidah penulisan surat resmi yang baik dan benar.

Termasuk di dalamnya adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan baku serta mengikuti dan memenuhi struktur pembuatan surat. Untuk itu, berikut adalah contoh surat izin sekolah yang baik serta struktur penulisannya yang benar sebagai panduan Anda.

Ruang kelas yang tampak kosong tanpa ada siswa yang masuk sekolah
Ruang kelas yang tampak kosong tanpa ada siswa yang masuk sekolah

Tanggal dan Tujuan Penulisan Surat 

Bagian pertama yang harus ditulis dalam pembuatan surat izin tidak masuk sekolah adalah tanggal dan tujuan penulisan surat. Tujuan, maksudnya adalah tempat surat tersebut ditujukan, lebih baik ditulis secara spesifik. Misalnya ditulis, kelas apa di sekolah apa. Dengan begitu identitas siswa yang izin pun akan bisa diketahui.

BACA JUGA:  Cara Membuat Daftar Pustaka

Salam Pembuka 

Bagian kedua dari surat izin tidak masuk sekolah adalah salam pembuka. Salam pembuka ini harus dicantumkan karena sebagai bentuk penghormatan kepada pihak atau orang yang akan menerima surat tersebut. Tanpa adanya salam pembuka, maka surat yang Anda kirimkan akan dianggap tidak sopan.

Identitas Pengirim (Siswa yang Izin) 

Bagian penting dan pasti ada pada setiap contoh surat izin tidak masuk sekolah adalah identitas. Yang dimaksud identitas disini adalah identitas siswa yang izin tidak hadir di kelas melalui surat tersebut.

Identitas atau Biodata ini terdiri dari nama, kelas, jurusan (jika ada), nomor absen dan alamat. Dengan identitas tersebut maka akan diketahui siapa yang mengajukan izin tidak masuk sekolah dan dari kelas serta jurusan apa.

Isi (Tujuan Penulisan Surat) 

Berikutnya adalah bagian yang juga tak kalah penting dalam penulisan surat izin tidak masuk sekolah, yaitu bagian isi atau bisa juga disebut tujuan penulisan surat. Pada bagian ini dijelaskan secara singkat dan jelas tentang alasan siswa tidak masuk sekolah serta berapa lama izin yang diajukan.

Ingat, pada bagian ini tidak perlu ditulis panjang lebar. Hanya perlu menuliskan alasan secara singkat dan jelas. Jika ingin mengajukan izin lebih dari 1 hari juga bisa dituliskan pada bagian ini.

Kata Penutup 

Struktur atau bagian selanjutnya dari penulisan surat izin tidak masuk sekolah adalah kalimat penutup. Sama seperti bagian pembuka sebelumnya, bagian ini juga sering diremehkan dalam pembuatan contoh surat izin tidak masuk sekolah.

Padahal, masing-masing bagian memiliki fungsi penting, termasuk bagian kalimat penutup ini. Kalimat penutup ini biasanya berisi ucapan terima kasih kepada penerima atau pihak yang menerima surat tersebut.

Ucapan terima kasih tersebut juga ditujukan karena sudah memberikan izin kepada siswa yang bersangkutan untuk tidak masuk sekolah.

Salam Penutup dan Tanda Tangan 

Bagian paling akhir adalah salam penutup. Bagian ini juga termasuk struktur penting pada surat izin sekolah. Sama seperti salam pembuka, bagian ini juga menunjukkan sopan santun dari pengirim kepada pihak yang menerima surat tersebut.

Tanpa ada salam penutup ini, selain tidak memenuhi struktur, maka surat tersebut dianggap tidak sopan, bahkan bisa saja ditolak. Jangan lupa di bagian paling bawah berikan tanda tangan dan nama terang pengirim surat. Namun ingat, tanda tangan yang dibutuhkan bukanlah tanda tangan siswa yang izin, namun orang tua atau wali dari siswa tersebut.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Setelah mengetahui poin-poin penting apa saja yang harus ada dalam surat izin sekolah serta struktur pembuatannya, berikut ini adalah salah satu contoh surat izin. Contoh berikut adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit yang bisa Anda tiru.

BACA JUGA:  Kalimat Aktif dan Pasif Pada Bahasa Indonesia

Semarang, 16 April 2019 

Yth. Bapak/Ibu Guru Pengajar di kelas XI IPA 4 
SMA Negeri 34 Semarang 
Di Semarang 

Dengan ini, saya orang tua murid: 

Nama: Natasya Alika 
Kelas: XI IPA 4 
Alamat: Jl. Kota Baru 234 Semarang 

Memberitahukan bahwasannya putri kami yang bernama Natasya Alika tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas seperti hari biasa dikarenakan sakit.

Bersama surat ini kami juga melampirkan surat keterangan sakit dari klinik Medika sebagai tambahan keterangan jika anak kami harus beristirahat di rumah selama 1 minggu. 

Demikian surat izin ini kami buat dengan sebenarnya. Atas izin yang Bapak Ibu Guru berikan kepada putri kami, Kami selaku orang tua menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. 

Hormat Kami, 

Bpk. Wiranata 


Selain alasan sakit, biasanya surat izin tidak masuk sekolah juga digunakan untuk izin karena ada keperluan yang mendesak dan tidak bisa ditinggalkan. Nah, berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena alasan lain.

Bandung, 23 Maret 2019 

Yth. Bapak Ibu Wali / Pengajar 
Kelas VIII 
SMP Pembangunan 
di Bandung

Assalamualaikum wr. wb. 

Bersama surat ini, Kami selaku orang tua dari siswa bernama: 

Nama: Abrian Dinata 
Kelas: VIII A 
Alamat: Jl. Prof. Moh. Yamin No. 26 Bandung 

Memberitahukan bahwasannya putra kami yang bernama Abrian tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di kelas seperti biasa pada hari ini, Kamis 23 Maret 2019 dikarenakan ada acara bersama keluarga yang tidak bisa ditinggal.

Untuk itu kami memohon izin kepada Bapak Ibu pengajar / wali kelas untuk mengizinkan Abrian tidak hadir di kelas pada hari ini hingga hari Sabtu, 25 Maret 2019. 

Demikian surat izin ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas izin yang diberikan oleh Bapak Ibu Guru pengajar / wali kelas kepada Abrian, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. 

Hormat Kami 

Bpk. Wahyu Dinata 

Penutup

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang surat izin sekolah. Mulai dari struktur penulisan hingga poin-poin apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisannya beserta beberapa contoh surat izin sekolah yang biasa dikirimkan ke sekolah saat anak tidak masuk.

Dengan penjelasan di atas, semoga Anda kini bisa mengetahui bagaimana cara menulis surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar. Hal tersebut sangat penting karena ketika anak-anak tidak masuk sekolah, dengan adanya surat izin ini akan membuat catatan absensinya tidak merah atau buruk.