Koneksi internet menggunakan WiFi menjadi salah satu kebutuhan yang penting sekarang ini, terutama yang menawarkan kecepatan tinggi dan kemudahan akses.

Namun, banyak yang belum mengetahui penjelasan terkait WiFi, seperti pengertian WiFi dan bagaimana fungsi serta cara kerjanya. Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai WiFi yang perlu Anda ketahui.

Pengertian WiFi

Pada umumnya, WiFi adalah sebuah teknologi jaringan interkoneksi yang mampu untuk bertukar data menggunakan gelombang tanpa melalui media kabel, biasanya melalui gelombang radio, yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai peralatan elektronik. Teknologi jaringan ini bisa digunakan untuk perangkat elektronik yang mendukung penggunaan jaringan internet, seperti perangkat komputer, video game, smartphone, dan masih banyak lagi. 

Kepanjangan WiFi adalah wireless fidelity, nama dan sejarahnya berdasarkan pengembangan dari jaringan yang sebelumnya menggunakan konsep yang sama, yakni IEEE – 802.11. Dengan menggunakan gelombang radio, ia bekerja untuk menyambungkan perangkat jaringan selular untuk kemudahan akses internet. 

Awalnya, WiFi dikembangkan dari pita GSM dengan pemakaian tanpa lisensi tahun 1985, kemudian di tahun 1991, WaveLan ditemukan dengan teknologi IEEE. Setelahnya, teknologi ini kian berkembang dan mendapatkan istilah WiFi pada tahun 1999, yang dibuat dan di pasarkan oleh Wi- Fi Alliance. Saat ini, sebagai sebuah organisasi non-profit, terdapat lebih dari 400 perusahaan yang terdaftar dan mendapatkan sertifikat dari Wi-Fi Alliance. 

BACA JUGA:  Perangkat Keras Komputer, Pengertian, Fungsi Serta Contohnya

Cara kerja dari WiFi sebenarnya cukup mudah di pahami. Berikut merupakan langkah-langkah bagaimana WiFi bekerja dan digunakan.

  • Karena menggunakan gelombang radio, teknologi ini berbagi data dan mengirimkannya kepada perangkat elektronik melalui udara. Untuk menerjemahkan data yang dikirimkan oleh WiFi, maka perangkat yang ingin menggunakan teknologi haruslah memiliki adaptor tanpa kabel. 
  • Berdasarkan pengertian WiFi sebagai pengirim gelombang radio, frekuensi yang digunakan olehnya terbatas dalam rentang 2,4 Ghz hingga 5 Ghz. Frekuensi tersebut bisa mengirimkan data secara maksimal dan perangkat elektronik bisa menerima gelombang radio yang dikirimkan dengan baik. 
  • Titik akses WiFi biasanya hanya terbatas pada jangkauan 20 meter, jika lebih dari jarak tersebut, gelombang radio semakin lemah dan perangkat elektronik tidak bisa menerima. 
  • Data gelombang radio berupa sinyal yang dikirimkan melalui router, router sendiri berfungsi sebagai penerjemah kode data yang di kirimkan oleh perangkat WiFi. Penerjemah kode ini disebut decoder. Setelah berhasil diterjemahkan, data terkirim dalam bentuk jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi internet. 

Perangkat WiFi bekerja secara dua arah. Pertama, data yang diterima oleh router dari jaringan internet, di kodekan dalam bentuk paket data secara otomatis. Kepanjangan WiFi sebagai jaringan tanpa kabel, kemudian mengirimkan data dalam bentuk gelombang radio, yang kemudian diterima oleh adaptor perangkat. 

Fungsi WiFi

Dengan koneksi WiFi, berbagi data antar perangkat menjadi lebih cepat dan mudah
Dengan koneksi WiFi, berbagi data antar perangkat menjadi lebih cepat dan mudah

WiFi memiliki fungsi yang beragam. Sebagai salah satu teknologi penunjang dan alternatif jaringan internet, teknologi nirkabel ini menjadi pilihan banyak orang untuk mempermudah akses internet.

Berikut merupakan fungsi WiFi yang sebaiknya diketahui penggunanya guna pemaksimalan kebutuhan internet.

1. Penghubungan Perangkat ke Jaringan Internet

Kemudahan WiFi bisa terlihat dari penggunaannya yang tidak memerlukan kabel. Berbeda dengan LAN, WiFi tidak memiliki batas pengguna dan tidak memerlukan tambahan perangkat jika penggunanya bertambah.

BACA JUGA:  Sistem Operasi Komputer, Pengertian, Fungsi serta Jenisnya

Sehingga, baik pengguna maupun pemilik WiFi tidak perlu repot menyediakan penghubung guna tersambung dengan jaringan dan perangkat elektronik. 

2. Penggunaan Modem dari Smartphone

Dengan menggunakan jaringan WiFi, ponsel dan smartphone tidak perlu menggunakan modem untuk tersambung dengan jaringan internet. Selain menghemat penggunaan paket data, ia juga memudahkan pengguna untuk terhubung dengan internet, tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan. 

Karena pengertian WiFi merupakan jaringan tanpa kabel, ponsel Anda juga bisa dijadikan sebagai router untuk memberikan jaringan kepada perangkat lain. Namun, ponsel yang digunakan harus mendukung perangkat jaringan nirkabel, sehingga ponsel bisa terpakai sebagai modem untuk komputer. 

3. Berbagi Data Antar Perangkat 

Selain untuk mengirimkan data internet kepada perangkat lain, WiFi juga bisa berfungsi sebagi media pengirim data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Data tersebut bisa berupa file, aplikasi, maupun gambar ataupun video. Penggunaannya juga praktis, tanpa perlu kabel dan pengirimannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan media lain. 

4. Jaringan Internet yang Lebih Stabil

Fungsi WiFi selanjutnya berupa penggunaan jaringan internet yang lebih stabil. Dibandingkan dengan penggunaan paket data, kecepatan WiFi lebih stabil dengan kecepatan akses yang tinggi. Penggunaan data internet membutuhkan jaringan dan sinyal provider yang baik, sedangkan WiFi memiliki koneksi yang lebih baik tanpa perlu tergantung dengan sinyal. 

Penggunaan WiFi juga lebih menguntungkan dibanding dengan penggunaan paket data internet, baik dengan modem atau kuota yang di sediakan provider. Besaran kuota yang diberikan untuk dimanfaatkan jauh lebih besar, sedang kecepatan aksesnya juga jauh lebih tinggi. Ini membuat banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan koneksi WiFi untuk terhubung dengan internet.

Kelebihan Jaringan WiFi

Berikut merupakan beberapa kelebihan ketika menggunakan jaringan WiFi dibandingkan penggunaan kuota internet provider.

BACA JUGA:  Perangkat Keras Komputer, Pengertian, Fungsi Serta Contohnya

1. Tidak Membutuhkan Kabel

Dengan menggunakan koneksi WiFi, kita tidak lagi memerlukan kabel untuk mengkoneksikan tiap-tiap perangkat yang terkoneksi pada jaringan WiFi. Perangkat yang sudah dilengkapi koneksi WiFi dapat dengan cepat dan mudah terkoneksi ke jaringan WiFi yang ada.

2. Tidak Perlu Konfigurasi Yang Ribet

Hanya perlu satu perangkat WiFi untuk digunakan bersama. Sehingga, dua atau tiga ruangan sekaligus, jika jaraknya berdekatan, bisa memanfaatkan satu router untuk digunakan sekaligus.

Demikian penjelasan singkat mengenai WiFi, kepanjangan WiFi, berikut cara kerja, fungsi dan kelebihannya. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda terkait teknologi tersebut.