Komputer adalah benda yang punya peran penting di era modern ini. Teknologi tersebut dapat membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Namun agar bisa menunjang kinerjanya, pengguna tentunya memerlukan berbagai jenis perangkat keras komputer. Terdapat beberapa jenis hardware dengan berbagai kegunaan yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak informasi ini dalam rangkuman berikut.

Apa Itu Perangkat Keras Komputer?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari ketahui lebih dulu yang dimaksud dengan hardware. Jika diartikan secara kasar perangkat keras pada komputer adalah komponen yang dapat disentuh secara fisik.

Fungsi komponen ini adalah untuk mengeksekusi perintah dari program yang telah diolah oleh komputer. Sehingga hasil pengolahan tersebut dapat diterima dengan mudah, serta membantu pengguna untuk melakukan berbagai instruksi tak kasat mata.

Macam-macam Contoh Perangkat Keras Komputer dan Kegunaannya

Secara umum jenis hardware terbagi menjadi lima jenis yaitu komponen pemroses, komponen input,  komponen output, komponen penyimpanan, serta komponen tambahan.

Agar penjelasan mengenai hardware lebih mudah dipahami, maka di bawah ini terdapat beberapa  perangkat keras komputer dan fungsinya.

Perangkat Keras Pemroses

1. CPU atau Processor

Processor adalah inti dari sebuah perangkat komputer
Processor adalah inti dari sebuah perangkat komputer

Perangkat terpenting dalam sebuah komputer adalah Central Processor Unit atau CPU. Bagian ini merupakan pusat yang digunakan untuk mengolah berbagai perintah, oleh karena itu perangkat ini kerap disebut otak komputer.

Fungsi CPU antara lain seperti melakukan sinkronisasi antara software dan hardware, memberikan dukungan spesifik pada pengguna komputer, serta menjadi tempat pengolah berbagai instruksi.

2. Motherboard

Berbagai komponen yang ada pada sebuah motherboard
Berbagai komponen yang ada pada sebuah motherboard

Motherboard digunakan sebagai rumah beragam komponen yang dibutuhkan dalam menghidupkan dan menjalankan komputer. Perangkat keras berbentuk papan sirkuit ini memuat  komponen seperti processor, hardisk, USB port, VGA port, dll.

BACA JUGA:  Pengertian WiFi, Kepanjangan Serta Fungsinya

Kegunaan utama dari perangkat keras komputer tersebut adalah sebagai penghubung antar komponen dalam melakukan komunikasi. Selain itu motherboard juga bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat additional pada komputer dan meningkatkan fleksibilitasnya.

3. Kartu VGA (Video Graphic Adapter)

Gambar sebuah kartu VGA pada perangkat komputer
Gambar sebuah kartu VGA pada perangkat komputer

VGA card atau graphic card digunakan untuk mengolah dan menerjemahkan instruksi yang telah diberikan oleh CPU menjadi perintah sederhana. Hasilnya Anda dapat melihat instruksi ini menjadi sebuah gambar yang ditampilkan pada monitor.

Selain mengubah sinyal digital menjadi gambar, perangkat ini juga sangat membantu dalam keperluan desain grafis dan game. Dengan kinerja  VGA yang semakin baik maka tampilan gambar pun akan terlihat lebih tajam.

Perangkat Input

1. Keyboard

Keyboard adalah bagian tidak terpisahkan dari sebuah komputer
Keyboard adalah bagian tidak terpisahkan dari sebuah komputer

Perangkat keras ini memiliki banyak tombol yang berisikan karakter huruf dan angka, serta tombol khusus untuk menjalankan perintah pada komputer.

Perangkat keras komputer dan fungsinya untuk susunan tombol keyboard dapat Anda lihat dalam poin-poin berikut:

Function Key

Tombol funsi biasanya memiliki tanda F di depannya, dan terletak di posisi paling atas. Kegunaan tombol tersebut yaitu untuk memberikan perintah yang berkaitan dengan operasi khusus dalam komputer. Contoh perintah yang bisa dilakukan misalnya seperti mengatur kecerahan layar, mengatur volume suara, dll.

Control Key

Sesuai namanya tombol-tombol ini berguna untuk mengontrol kursor layar, serta pengontrolan lainnya. Beberapa contoh perintah control seperti seperti page up, page down, home, dll.

Alpha Numeric Key

Bagian keyboard ini berisi huruf alphabet dan angka yang ditempatkan dalam satu kesatuan. Biasanya obmbol-tombol tersebut digunakan untuk menginput karakter yang dibutuhkan saat mengetik.

Numeric Keypad

Berbeda dengan angka yang terdapat pada alphanumeric, bagian yang disebut numeric key ini hanya dikhususkan untuk angka saja. Biasanya numeric keypad digunakan untuk kegiatan hitung menghitung. Karena itulah terdapat juga tombol untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian di dalamnya.

2. Mouse

Tampilan sebuah mouse komputer
Tampilan sebuah mouse komputer

Perangkat jenis input selanjutnya adalah mouse. Hardware ini berfungsi untuk mengarahkan pointer dan kursor yang dapat memudahkan Anda dalam mengoperasikan komputer.

Dengan tombol klik kanan yang dimilikinya, mouse juga dapat digunakan untuk memasukkan perintah penting yang berhubungan dengan opsi dan pengaturan. Beberapa jenis mouse gaming bahkan memiliki banyak tombol shortcut yang membuat berbagai pekerjaan semakin ringkas.

BACA JUGA:  Sistem Operasi Komputer, Pengertian, Fungsi serta Jenisnya

3. Scanner

Tampilan sebuah scanner komputer
Tampilan sebuah scanner komputer

Alat yang bernama scanner ini biasanya berbentuk kotak dengan ukuran yang bervariasi, ukurannya sendiri biasanya menyesuaikan dengan jenis kertas yang dipindai.

Perangkat keras tersebut digunakan untuk menduplikasi media cetak ke dalam bentuk digital, sehingga dapat disimpan pada komputer. Penyimpanan dalam bentuk digital ini dapat memudahkan pengguna komputer untuk mengeditnya ataupun membagikannya ke orang lain. 

3. Webcam

Contoh sebuah perangkat webcam
Contoh sebuah perangkat webcam

Pada laptop hardware berikut biasanya sudah terpasang satu paket dengan monitor, namun untuk perangkat seperti PC Anda bisa menambahkannya sendiri dengan membeli webcam eksternal. Kegunaannya yaitu mengambil foto maupun video untuk berbagai keperluan.

Perangkat Output

1. Monitor

Gambar sebuah monitor komputer
Gambar sebuah monitor komputer

Monitor punya peran yang sangat membantu para pengguna dalam memahami berbagai instruksi dan program komputer ke dalam bentuk gambar. Sehingga mereka pun dapat mengoperasikan komputer tanpa ada kesulitan.

Pada zaman sekarang jenis monitor yang paling banyak digunakan adalah LCD dan LED. Hal ini dikarenakan kedua monitor tersebut memiliki bentuk yang hemat tempat, tidak boros listrik, serta mampu memberikan tampilan gambar yang berkualitas.

2. Speaker

Sebuah laptop yang dihubungkan dengan dua buah speaker di kanan & kirinya
Sebuah laptop yang dihubungkan dengan dua buah speaker di kanan & kirinya

Perangkat keras komputer ini tersusun atas beberapa komponen seperti casing, membran, sekat rongga, magnet, hingga kumparan untuk menghasilkan suara dari hasil eksekusi data. Perangkat tersebut terhubung melalui kabel USB sebagai penyuplai daya, dan port jack sebagai penerima suara.

3. Printer

Sebuah printer merk Canon
Sebuah printer merk Canon

Terdapat beberapa jenis printer yang dikenal secara umum seperti printer drum, printer laserjet, printer daisy wheel, dan printer inkjet. Secara struktur printer-printer tersebut berbeda, namun kegunaannya tetap sama yaitu untuk menampilkan data yang telah diolah oleh komputer  ke dalam bentuk cetak.

Biasanya printer digunakan untuk keperluan mencetak dan menggandakan dokumen dengan tinta yang diolah menggunakan kartrid.

4. Proyektor

Penampakan sebuah proyektor
Penampakan sebuah proyektor

Hampir sama dengan monitor, perangkat keras komputer juga mengolah data dan mengubahnya menjadi ke dalam bentuk gambar, hanya saja hardware ini menggunakan proyeksi cahaya untuk bekerja. Agar gambar yang dihasilkan terlihat jelas, maka alat ini perlu dikombinasikan dengan layar proyeksi.

Perangkat Penyimpanan

1. RAM (Random Access Memory)

Dua buah keping memory komputer
Dua buah keping memory komputer

Hardware yang biasa disebut dengan RAM adalah perangkat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara bagi instruksi data yang diberikan oleh processor.

BACA JUGA:  Sistem Operasi Komputer, Pengertian, Fungsi serta Jenisnya

Dengan demikian hal tersebut dapat membantu penggunanya dalam mengakses program dengan lebih cepat. Namun karena sifatnya sementara, maka semua data yang tersimpan akan hilang ketika dimatikan. 

2. Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)

Bentuk sebuah SSD untuk media penyimpanan data
Bentuk sebuah SSD untuk media penyimpanan data

Dalam komputer, perangkat berikut ini berperan penting dalam menyimpan berbagai data secara permanen. Terdapat dua jenis hardware yang sering digunakan untuk keperluan tersebut yaitu HDD dab SSD.

Perbedaan dari dua perangkat ini yaitu HDD bergerak secara mekanik menggunakan cakram berlapiskan magnet. Sedangkan SSD menggunakan silicon dan bekerja secara elektrik, sehingga menghasilkan pengolahan data yang lebih cepat.

Kapasitas kedua perangkat keras komputer tersebut bermacam-macam, mulai dari 128 GB hingga 2TB. Ukuran-ukuran besar ini dimaksudkan supaya penggunanya dapat menyimpan banyak  file dengan leluasa.

HDD lebih banyak digunakan karena menawarkan kapasitas yang besar dengan harga murah. Sedangkan SSD memiliki harga yang lebih mahal namun lebih cepat dalam membaca dan menulis data.

3. Flashdisk

Flashdisk adalah media penyimpanan data yang mudah di bawah kemana pun
Flashdisk adalah media penyimpanan data yang mudah di bawah kemana pun

Flashdisk adalah perangkat keras yang praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja. Perangkat kecil ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file dan dokumen penting secara permanen. Namun dalam hal kecepatan membaca dan mengolah data berukuran besar perangkat ini masih tergolong lambat. 

Perangkat Tambahan

1. Power Supply

Power supply untuk komputer
Power supply untuk komputer

Hardware ini bekerja dengan mengubah tegangan AC menjadi DC, dan menyesuaikan daya yang dibutuhkan untuk disalurkan pada berbagai komponen di dalam komputer. Selain menyuplai daya, perangkat ini pun dapat mencegah terjadinya overvoltage yang berpotensi membuat kerusakan pada komputer.

2. WiFi Adapter

Contoh sebuah WiFI adapter USB merk TP-Link
Contoh sebuah WiFI adapter USB merk TP-Link

WiFi adapter adalah perangkat keras yang berfungsi menghubungkan komputer dengan koneksi internet atau jaringan LAN tanpa perlu menggunakan kabel. Cara kerja hardware ini yaitu dengan mengkonversi sinyal informasi menjadi sinyal digital yang siap digunakan.

Terdapat beberapa jenis WiFi adapter yang tersedia, yang terintegrasi dengan motherboard dan yang berupa perangkat eksternal dan dihubungkan menggunakan USB.

Penutup

Itulah tadi beberapa jenis perangkat keras komputer dan fungsinya. Masing-masing perangkat ini memiliki kegunaan tersendiri dalam memudahkan dan membantu penggunanya mengoperasikan komputer sesuai kebutuhan.

Beberapa jenis hardware bahkan juga bisa membuat performa komputer menjadi lebih cepat dan tentunya lebih baik.